Info

Mengenal Dunia Programming

Kata programming mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Programming sangat erat kaitannya dengan industri IT. Banyak hal yang telah dihasilkan...

Written by Abdul Alim · 2 min read >

Kata programming mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Programming sangat erat kaitannya dengan industri IT. Banyak hal yang telah dihasilkan dari programming yang saat ini sudah jadi konsumsi kita sehari-hari, seperti produk-produk microsoft, facebook, apple dan lain sebagainya.

Apa Itu Programming?

Lalu, apa itu programming? Programming secara sederhana yaitu “menginstruksikan atau memerintahkan komputer untuk melakukan berbagai tugas”, yang berarti memberikan instruksi kepada komputer dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer yang disebut sebagai bahasa pemrograman untuk melakukan berbagai tugas seperti:

  • melakukan operasi penjumlahan
  • melakukan operasi perkalian
  • dan lain sebagainya

Instruksi-instruksi ini disusun dalam sebuah kumpulan kode yang nantinya akan diterjemahkan oleh bahasa pemrograman kepada komputer.

Mengapa Harus Programming?

Anda pasti bertanya-tanya – mengapa orang perlu komputer untuk melakukan operasi perhitungan? Atau perkalian? yang bahkan anak sekolah dasar sekalipun dapat melakukannya.  Untuk apa repot melakukan programming? Apa manfaat yang ditawarkan komputer?

Komputer menawarkan banyak manfaat:

  • Kecepatan : komputer itu luar biasa cepat. Jika Anda tahu cara memanfaatkan kekuatan pemrograman komputer dengan benar, Anda dapat melakukan keajaiban dengannya. Untuk komputer pada zaman sekarang, penambahan 2 angka yang dapat mencapai satu miliar masing-masing membutuhkan waktu yang sangat singkat. Baca lagi – nanodetik! Itu berarti bahwa dalam 1 detik, komputer dapat melakukan sekitar satu miliar tambahan. Bisakah manusia melakukan itu? Lupakan satu miliar tambahan per detik, manusia biasa bahkan tidak bisa melakukan 10 tambahan per detik. Jadi, komputer menawarkan kecepatan tinggi.
  • Komputer itu murah : jika Anda seorang analis pasar saham dan Anda harus memantau data katakanlah 1.000 saham sehingga Anda dapat dengan cepat memperdagangkannya. Bayangkan kerumitan yang akan terjadi jika Anda melakukannya secara manual! Itu tidak praktis. Saat Anda melakukan perhitungan pada kinerja saham, harganya mungkin berubah. Alternatif lainnya adalah merekrut orang sehingga Anda dapat memantau lebih banyak stok secara paralel. Itu berarti biaya Anda naik secara signifikan. Belum lagi masalah yang akan Anda hadapi jika beberapa karyawan Anda melakukan kesalahan perhitungan dalam proses. Anda mungkin akhirnya kehilangan uang! Bandingkan dengan case di mana Anda menggunakan komputer. Komputer dapat memproses sejumlah besar informasi dengan cepat dan andal. 1000 stok tidak ada artinya untuk komputer di abad ke-21.
  • Komputer dapat bekerja 24×7 : Komputer dapat bekerja 24×7 tanpa kehabisan tenaga. Jadi, jika Anda memiliki tugas yang cukup besar, Anda dapat mengalokasikannya ke komputer tanpa khawatir dengan memprogramnya dan Anda dapat tidur nyenyak.

Bahasa Pemrograman

Seperti disebutkan di atas, Komputer memahami bahasa khusus yang disebut bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman menyediakan cara bagi seorang untuk melakukan banyak hal. Bahasa pemrograman yang populer diantaranya yaitu, Python, PHP, Javascript dan lain sebagainya

Mengapa Anda Harus Mempelajari Pemrograman Komputer?

Sekarang, setelah mengetahui begitu banyak hal tentang pemrograman, pertanyaan besar yang harus dijawab adalah – mengapa Anda harus belajar Pemrograman Komputer? Mari kita pahami mengapa:

  • Pemrograman itu menyenangkan : Menggunakan Pemrograman, Anda dapat membuat game sendiri, halaman blog / profil pribadi Anda, situs jejaring sosial seperti Facebook, mesin pencari seperti Google atau platform e-commerce seperti Amazon! Bukankah itu menyenangkan? Bayangkan membuat game sendiri dan menaruhnya di Play Store dan dapatkan ribuan unduhan!
  • Tulang punggung Perusahaan Teknologi : Tulang punggung perusahaan teknologi saat ini seperti Google, Facebook, Microsoft, Apple, Amazon, dan banyak lainnya, adalah program komputer raksasa yang ditulis oleh kolaborasi ribuan pemrogram yang terampil. Jika Anda memiliki kecerdasan bisnis yang tepat, mengetahui pemrograman dapat membantu Anda menciptakan perusahaan teknologi besar berikutnya.
  • Gaji yang cukup baik : Pemrogram Komputer dibayar dengan sangat baik hampir di seluruh dunia. Pemrogram top di Lembah Silikon menghasilkan jutaan dolar setiap tahun. Beberapa perusahaan menawarkan untuk memulai gaji setinggi $ 100.000 per tahun.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Programming?

Utamanya yang dibutuhkan untuk programming adalah kemampuan abstraksi. Kemampuan seseorang untuk memecah permasalahan besar menjadi masalah-masalah kecil, kemudian diselesaikan dari masalah kecil tersebut. Kemampuan ini seperti seorang chef yang misal ingin memasak rendang balado misalnya. Maka chef tersebut harus bisa memecah step by step cara memasak rendang balado sehingga bisa ditiru orang lain. Misal menyiapkan bahan A,B,C, kemudian dimasak, tambahkan gula dsb hingga selesai sampai menyediakan hidangan rendang balado. Step by step ini yang perlu dilatih bagaimana membayangkan nya. Bagi seorang programmer yang akan memberikan instruksi kepada benda “bodoh” seperti mesin komputer, instruksi harus jelas agar komputer dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan harapan.

Pada umumnya untuk menuliskan kode-kode program anda dapat menggunakan command line atau text editor yang nantinya anda dapat menjalankan sesuai bahasa pemrograman tertentu, text editor yang umum digunakan diantaranya:

  • Visual Studio Code
  • Sublime Text
  • Atom
  • dan lain sebagainya

Mari Coba Programming Sederhana

Buka browser Anda (sangat disarankan chrome) lalu tekan ctrl+shift+j pada keyboard Anda, maka Anda akan diarahkan kepada browser console seperti di bawah ini

lalu ketik di bawah ini dan tekan enter

lalu ketik di bawah ini dan tekan enter

lalu Anda tambahkan a dan b dengan mengetik seperti di bawah ini

maka Anda akan mendapatkan hasil dari penjumlahan dari a dan b

Kesimpulan

Programming sangat menyenangkan untuk dipelajari dan Anda dapat melakukan banyak hal dalam programming dan mempelajari berbagai bahasa yang dimengerti oleh komputer.

Referensi:

One Reply to “Mengenal Dunia Programming”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *