1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum React Native Lanjutan (Archived)
  4. Pendahuluan
  5. Persiapan Perangkat

Persiapan Perangkat

Selamat datang peserta Bootcamp Sanbercode kelas Mobile Apps Development React Native. Sebelum membahas proses membuat aplikasi menggunakan framework React Native, terlebih dahulu kita akan membahas berbagai perangkat yang perlu dipersiapkan.

Perangkat yang Diperlukan

Untuk mengikuti bootcamp React Native ini, diperlukan perangkat utama yaitu PC/Laptop yang terhubung dengan Internet. Spesifikasi PC/Laptop minimal memiliki RAM 4GB.

Dan untuk mempermudah proses pengembangan aplikasi, diperlukan perangkat smartphone Android dengan versi OS minimal 5.0 Lollipop. Jika tidak, maka dapat menggunakan emulator Android seperti AVD (Android Virtual Device) yang terdapat pada Android Studio (pastikan spesifikasi PC/Laptop memenuhi system requirement pada Android Studio).

Perangkat Lunak dan Teknologi yang Digunakan

1. Terminal atau Console

Pada Bootcamp kali ini, diperlukan sebuah terminal untuk mengeksekusi berbagai perintah dasar yang berkaitan dengan Git, Node, dan Expo/React Native CLI. Kita bisa menggunakan terminal bawaan dari Sistem Operasi yang digunakan seperti Command Prompt/Windows PowerShell pada OS Windows dan Terminal pada OS Linux maupun OSX. Dan ketika melakukan proses instalasi Git juga terdapat Git Bash yang memiliki fungsi yang serupa. Selain itu, peserta juga bisa menggunakan cmder (terutama yang menggunakan OS Windows) karena cmder memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki command prompt atau terminal bawaan. Proses instalasi bisa dilakukan menggunakan konfigurasi default/recommended

2. Git

Git merupakan version control yang banyak digunakan oleh para programmer atau software developer. Untuk dapat menggunakannya, download dan install Git sesuai dengan platform OS yang bersangkutan. Dan jalankan perintah instalasi dengan konfigurasi default/recommended.

3. Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah salah satu IDE (Integrated Development Environment) yang direkomendasikan untuk digunakan selama bootcamp ini. Salah satu kelebihannya adalah kemudahan pengoperasian dan user inteface yang lebih mudah dipahami oleh orang yang awam dalam pemrograman. Selain itu juga terdapat banyak extension atau plugin yang sangat membantu dalam menuliskan kode selama membangun suatu program/aplikasi. Beberapa extension yang disarankan untuk ditambahkan adalah Prettier – Code formatter, Material Icon Theme, dan ES7 React/Redux/React-Native/JS snippets (opsional).

IDE lainnya yang juga dapat digunakan adalah Sublime Text atau Atom. Untuk kemudahan proses pembelajaran kami tidak merekomendasikan Notepad atau Notepad++