1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum Python – Data Science
  4. Pendahuluan
  5. Persiapan Perangkat

Persiapan Perangkat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Artikel ini merupakan bab awal yang mencoba untuk membuat kita familiar dengan Python agar kita siap untuk mempelajari data science.

Artikel ini merupakan bab awal yang mencoba untuk membuat kita familiar dengan python agar kita siap untuk mempelajari data science.

  1. Install Python
  2. Pip (Python Package Manager)
  3. Install beberapa library/module agar bisa menjalankan jupyter notebook

Pertama, untuk install python, kita bisa download installernya disini python.org. Pilih installer yang sesuai dengan operating system masing-masing. Catatan: saat ini ada 2 versi python, yaitu python 2.7 dan 3.x, python versi 2.7 pengembangannya sudah dihentikan pada saat artikel ini ditulis. Maka pada course ini dianjurkan untuk menginstall python > 3.7.

Setelah menginstall python, kita dapat memastikannya dengan membuka commandprompt kemudian ketikan saja “python”. Setelah itu enter kemudian kita akan masuk ke environment python.

cek python sudah terinstall

Pip (python package manager) juga sudah terinstall di komputer/laptop masing-masing. Kita dapat memastikannya dengan ketik pip kemudian enter maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

check pip sudah terinstall

Terakhir, untuk mempersiapkan environment, kita perlu menginstall beberapa library untuk menjalankan jupyter notebook. Untuk menginstallnya, buka command prompt kemudian lakukan perintah berikut:

pip install ipython notebook

Setelah selesai process installasi, kita bisa check kalau kita telah bisa menjalankan jupyter notebook dengan mengetikan jupyter notebook di cmd, kemudian enter. Tunggu beberapa saat, nanti aplikasi jupyter notebook akan terbuka di default browser masing-masing dengan sendirinya. Disarankan untuk tidak dibuka di internet exploler.

membuka applikasi jupyter notebook
Tampilan awal jupyter notebook

Mulai saat ini, kita akan belajar python + data science di jupyter notebook ini. Jupyter notebook adalah suatu aplikasi dimana kita bisa membuat kode dan menjalankannya secara interaktif. Untuk mempelajari lebih jauh apa itu jupyter notebook, silakan klik disini.

Cara lain untuk mengunduh dan mengunakan Jupyter notebook adalah menggunakan platform Anaconda, ketika teman-teman mengunduh dan menginstal Anaconda maka packages yang dibutuhkan sudah terinstall disana. Cara instalasi anaconda dan dokumentasi lengkapnya, silahkan akses disini. Setelah diinstal, teman-teman bisa launch jupyter notebook melalui Anaconda navigator:

Tampilan Anconda navigator

selain itu teman-teman bisa mengaksesnya melalui anaconda prompt:

membuka aplikasi jupyter notebook pada Anaconda prompt

Bagi teman-teman yang mengalami kesulitan dalam instalasi Python, Ipython maupun Anaconda,, tenang.. kita tetap bisa mengikuti kelas ini dengan menggunakan google colaboratory, sebuah tool yang disediakan oleh Google untuk mengeksekusi Python di browser dan jika menggunakan google colab teman-teman tidak perlu melakukan instalasi apapun cukup bermodalkan kuota internet ^_^ , silahkan akses disini.

Tampilan google colaboratory