1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum NodeJS Backend Development with Adonis
  4. Pekan 3 – Materi
  5. REST API

REST API

Apa itu REST API ?

API atau Application Programming Interface adalah antar muka yang menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Contoh nya seperti gambar di bawah, terdapat sebuah server website yang melayani berbagai macam aplikasi seperti web based, desktop, mobile, atau pun website lain yang menggunakan layanan autentikasinya. Ketika kita membuka aplikasi web maka segala aktivitas dan data selalu sinkron dengan aplikasi lain walaupun di dua device yang berbeda.

contoh API

REST (REpresentational State Transfer) adalah salah satu arsitektur dalam pengembangan aplikasi API. Di dalam REST, kita merepresentasikan database sewaktu dengan format JSON atau XML. Di dalam REST segala sesuatunya kita anggap sebagai resource atau kumpulan data. Resource tersebut diakses dengan mengikuti protokol dan metode HTTP seperti GET, POST, PUT, PATCH, atau DELETE.

Cara Kerja API

cara kerja API

Di dalam arsitektur REST API kita dapat bagi ke dalam dua bagian yaitu : Client side dan Server side. Server berisi database dan aplikasi yang melayani berbagai aplikasi client. Sedangkan Client adalah aplikasi yang mengkonsumsi API .

Cara kerja API bisa digambarkan secara sederhana sebagai berikut:

  1. Aplikasi Client mengakses API
    Client akan mengakses API dengan menembak pada suatu endpoint tertentu. Di dalam suatu endpoint terdapat : metode HTTP yang digunakan, url endpoint, dan body(data)yang ingin dikirim.
  2. API melakukan request ke server
    Ketika suatu endpoint diakses, maka API akan meneruskannya sebagai request ke server.
  3. Server mengolah request
    aplikasi server kemudian akan mengolah request sesuai dengan maksud dan tujuan yang diminta pada request tersebut.
  4. Server mengembalikan response terhadap Client
    Ketika request berhasil diolah maka server akan mengembalikan response kepada Client. Response berisi data-data yang diminta/diperlukan sesuai request yang diberikan.

Tutorial & Referensi