1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum NodeJS Backend Development with Adonis
  4. Pekan 1 – Tugas
  5. Hari 2 – Berlatih Variabel, String, dan Control Flow

Hari 2 – Berlatih Variabel, String, dan Control Flow

Pada tugas kali ini buatlah folder baru (Tugas 2 – String Conditional) yang berisikan dua file dengan nama string.js (untuk Tugas String) dan conditional.js (untuk Tugas Conditional). Simpan folder tugas ini di dalam folder repository project yang dikerjakan pada Batch23.

A. Tugas String

  1. Soal No. 1 (Membuat kalimat),
    Terdapat kumpulan variable dengan data string sebagai berikut
    var word = 'JavaScript'; 
    var second = 'is';
    var third = 'awesome';
    var fourth = 'and';
    var fifth = 'I';
    var sixth = 'love';
    var seventh = 'it!';
    Buatlah agar kata-kata di atas menjadi satu kalimat . Output:
    JavaScript is awesome and I love it! 
  2. Soal No.2 Mengurai kalimat (Akses karakter dalam string),
    Terdapat satu kalimat seperti berikut:
    var sentence = "I am going to be React Native Developer"; 

    var exampleFirstWord = sentence[0] ;
    var exampleSecondWord = sentence[2] + sentence[3] ;
    var thirdWord; // lakukan sendiri
    var fourthWord; // lakukan sendiri
    var fifthWord; // lakukan sendiri
    var sixthWord; // lakukan sendiri
    var seventhWord; // lakukan sendiri
    var eighthWord; // lakukan sendiri

    console.log('First Word: ' + exampleFirstWord);
    console.log('Second Word: ' + secondWord);
    console.log('Third Word: ' + thirdWord);
    console.log('Fourth Word: ' + fourthWord);
    console.log('Fifth Word: ' + fifthWord);
    console.log('Sixth Word: ' + sixthWord);
    console.log('Seventh Word: ' + seventhWord);
    console.log('Eighth Word: ' + eighthWord)
    Buat menjadi Output berikut:
    First word: I 
    Second word: am
    Third word: going
    Fourth word: to
    Fifth word: be
    Sixth word: React
    Seventh word: Native
    Eighth word: Developer
  3. Soal No. 3 Mengurai Kalimat (Substring)
    var sentence2 = 'wow JavaScript is so cool'; 

    var exampleFirstWord2 = sentence2.substring(0, 3);
    var secondWord2; // do your own!
    var thirdWord2; // do your own!
    var fourthWord2; // do your own!
    var fifthWord2; // do your own!

    console.log('First Word: ' + exampleFirstWord2);
    console.log('Second Word: ' + secondWord2);
    console.log('Third Word: ' + thirdWord2);
    console.log('Fourth Word: ' + fourthWord2);
    console.log('Fifth Word: ' + fifthWord2);
    Uraikan lah kalimat sentence2 di atas menjadi kata-kata penyusunnya. Output:
    First Word: wow 
    Second Word: JavaScript
    Third Word: is
    Fourth Word: so
    Fifth Word: cool
  4. Soal No. 4 Mengurai Kalimat dan Menentukan Panjang String
    var sentence3 = 'wow JavaScript is so cool'; 

    var exampleFirstWord3 = sentence3.substring(0, 3);
    var secondWord3; // do your own!
    var thirdWord3; // do your own!
    var fourthWord3; // do your own!
    var fifthWord3; // do your own!

    var firstWordLength = exampleFirstWord3.length
    // lanjutkan buat variable lagi di bawah ini
    console.log('First Word: ' + exampleFirstWord3 + ', with length: ' + firstWordLength);
    console.log('Second Word: ' + secondWord3);
    console.log('Third Word: ' + thirdWord3);
    console.log('Fourth Word: ' + fourthWord3);
    console.log('Fifth Word: ' + fifthWord3);
    Output:
    First Word: wow, with length: 3 
    Second Word: JavaScript, with length: 10
    Third Word: is, with length: 2
    Fourth Word: so, with length: 2
    Fifth Word: cool, with length: 4

B. Tugas Conditional

  • If-else

Petunjuk : Kita akan memasuki dunia game werewolf. Pada saat akan bermain kamu diminta memasukkan nama dan peran . Untuk memulai game pemain harus memasukkan variable nama dan peran. Jika pemain tidak memasukkan nama maka game akan mengeluarkan warning “Nama harus diisi!“. Jika pemain memasukkan nama tapi tidak memasukkan peran maka game akan mengeluarkan warning “Pilih Peranmu untuk memulai game“. Terdapat tiga peran yaitu penyihir, guard, dan werewolf. Tugas kamu adalah membuat program untuk mengecek input dari pemain dan hasil response dari game sesuai input yang dikirimkan.

Petunjuk:

  • Nama dan peran diisi manual dan bisa diisi apa saja
  • Nama tidak perlu dicek persis sesuai dengan input/output
  • Buat kondisi if-else untuk masing-masing peran

Input:

var nama = "John"
var peran = ""

Output:

// Output untuk Input nama = '' dan peran = ''
"Nama harus diisi!"
 
//Output untuk Input nama = 'John' dan peran = ''
"Halo John, Pilih peranmu untuk memulai game!"
 
//Output untuk Input nama = 'Jane' dan peran 'Penyihir'
"Selamat datang di Dunia Werewolf, Jane"
"Halo Penyihir Jane, kamu dapat melihat siapa yang menjadi werewolf!"
 
//Output untuk Input nama = 'Jenita' dan peran 'Guard'
"Selamat datang di Dunia Werewolf, Jenita"
"Halo Guard Jenita, kamu akan membantu melindungi temanmu dari serangan werewolf."
 
//Output untuk Input nama = 'Junaedi' dan peran 'Werewolf'
"Selamat datang di Dunia Werewolf, Junaedi"
"Halo Werewolf Junaedi, Kamu akan memakan mangsa setiap malam!" 
  • Switch Case

Kamu akan diberikan sebuah tanggal dalam tiga variabel, yaitu hari, bulan, dan tahun. Disini kamu diminta untuk membuat format tanggal. Misal tanggal yang diberikan adalah hari 1, bulan 5, dan tahun 1945. Maka, output yang harus kamu proses adalah menjadi 1 Mei 1945.

Gunakan switch case untuk kasus ini!

Contoh:

var hari = 21; 
var bulan = 1; 
var tahun = 1945;
//  Maka hasil yang akan tampil di console adalah: '21 Januari 1945'; 

Skeleton Code / Code yang dicontohkan yang perlu diikuti dan dimodifikasi

var tanggal; // assign nilai variabel tanggal disini! (dengan angka antara 1 - 31)
var bulan; // assign nilai variabel bulan disini! (dengan angka antara 1 - 12)
var tahun; // assign nilai variabel tahun disini! (dengan angka antara 1900 - 2200)

Jika sudah selesai, silahkan push (git add, git commit, dan git push) hasil pekerjaan Anda ke repository Gitlab masing-masing (gunakan repository project Tugas 1). Jangan lupa submit link commit Anda ke sanbercode.com.