1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum NodeJS Backend Development with Adonis
  4. Pekan 1 – Materi
  5. Hari 1 – Git

Hari 1 – Git

Apa itu Git ?

Git adalah sebuah Version Control System yaitu sistem yang mengelola perubahan dari sebuah dokumen, program komputer, website dan kumpulan informasi lain.

Selain itu, Git memungkinkan para pengembang perangkat lunak dari berbagai belahan dunia mengerjakan banyak projek bersama-sama tanpa mengharuskan bertatap muka.

Git sendiri disimpan dalam sebuah folder atau directory project yang biasa di sebut repository

Installasi Git

Installasi di Windows dan Mac

Untuk menginstall git ke dalam windows dan mac, download terlebih dahulu file instalasi nya dari halaman download git.

halaman download git dari git scm

jika sudah terdownload, klik file instalasi lalu ikuti instruksi instalasi (klik next saja sampai selesai).

instalasi git, klik next sampai instalasi selesai

setelah instalasi selesai, kita dapat mengecek apakah Git sudah terinstall dengan cara membuka cmd atau command prompt lalu ketikkan perintah git --version.

memastikan git sudah terpasang dengan mengecek versi git yang sudah terinstall

Installasi di Ubuntu

Untuk menginstall git ke dalam ubuntu dalam hal ini ubuntu versi 18.04 cukup masuk terminal lalu jalankan perintah

$ sudo apt update

lalu jalankan perintah

$ sudo apt install git

lalu anda bisa mengecek git sudah terinstall dengan mengetikkan perintah git --version di terminal

memastikan git sudah terpasang dengan mengecek versi git yang sudah terinstall

Setup Git

setelah menginstall git, hal yang di lakukan selanjutnya adalah setup git config email dan username seperti di bawah ini

git config --global user.name "username anda"
git config --global user.email "email anda"

anda dapat melihat hasil config ini dengan perintah

git config -l

Cara Kerja Git

Skema repositori Git

Gambar di atas menjelaskan alur kerja dalam mengelola sebuah repositori dengan Git. Terdapat beberapa bagian yang terhubung seperti Remote, Repository, dan Workspace. Berikut penjelasan mengenai bagian-bagian tersebut”

remote

Remote adalah alamat repositori yang disimpan di server/cloud dari hosting penyedia Git seperti Github, Gitlab, Bitbucket, etc. Di remote ini kita dapat menyimpan kode/file/folder dan bertukar kode atau berkolaborasi dengan pengguna Git lainnya.

workspace

Workspace adalah direktori atau folder di lokal komputer kita yang sedang kita kelola menggunakan Git. Di dalam satu workspace bisa terdiri dari kumpulan file dan folder. Setiap perubahan dan tambahan yang kita lakukan di dalam workspace akan terdeteksi oleh Git. Cara untuk mengecek status pekerjaan kita dalam satu workspace bisa gunakan perintah git status.

Repository(local)

Repository atau local repository pada gambar di atas adalah sistem pengelolaan versi yang berada di dalam folder/direktori workspace yang sedang kita kelola. Setiap kita melakukan perubahan dan tambahan pada workspace maka kita dapat menyimpannya ke dalam repository local dengan perintah git add dan git commit. Setelah perubahan tersebut tersimpan di repository local maka kita dapat mengunggah perubahan tersebut menuju remote repository dengan perintah git push.

Perintah Dasar Git

git init

git init adalah perintah untuk inisialisasi atau memasangkan git pada sebuah direktori/folder yang sedang terbuka di command prompt atau terminal.

pada contoh di atas, setelah memberikan perintah git init akan muncul keterangan “Initialized empty Git repository in . . . ” yang berarti folder git-demo yang sedang dibuka di cmd sudah dapat menggunakan Git di dalamnya.

git add 

git add yaitu perintah git untuk menambahkan perubahan-perubahan pada direktori project sebelum menyimpan perubahan tersebut. Misalkan di repository project kita terdapat file index.html yang ingin kita simpan perubahannya.

$ git add index.html

git commit 

git commityaitu perintah dari git untuk menyimpan perubahan yang ada di repository dan perintah ini biasanya disertakan dengan -m "[keterangan_perubahan_yang_dilakukan]" untuk menuliskan perubahan yang di lakukan

git commit -m "menambahkan index.html"

git status

git status adalah perintah dalam git untuk memeriksa status repository, apakah ada file baru, perubahan pada file atau file sudah di add, atau apakah perubahan sudah di commit atau belum.

contoh tampilan ketika menggunakan git status

git push

git push adalah perintah dalam git untuk mengirimkan perubahan perubahan file pada repository

git pull

git pull adalah perintah dalam git untuk mengabil perubahan terakhir dari repository di git

Tutorial Video 

Untuk selanjutnya materi dapat dicoba melalui video kelas di link berikut: link video (Web Programming UNPAS – GIT & GITHUB )