1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum Desain Grafis
  4. Week 1 – Materials
  5. Day 1 – Desain Grafis

Day 1 – Desain Grafis

Menurut Jessica Helfand, ” Desain Grafis adalah kombinasi yang kompleks antar teks dan gambar, angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang unik, sangat berguna, mengejutkan atau subversif dan mudah diingat.”

Dari definisi diatas, setidaknya kita tahu bahwa untuk membuat sebuah karya desain grafis terdapat elemen-elemen yang harus dikombinasikan.

Berikut adalah beberapa elemen dasar desain yang harus kita tahu sebagai graphic designer:

  • Garis
  • Bentuk
  • Tekstur
  • Ruang
  • Ukuran
  • Warna

Selain elemen, hal yang tidak kalah pentingnya dalam pembuatan karya adalah mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip desain. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini kita bisa menghasilkan sebuah desain yang maksimal dari segi estetika maupun fungsinya.

Beberapa prinsip desain yang harus kalian ketahui diantaranya:

Kesatuan (Unity)

Inti dari prinsip ini sih, yaitu adanya keterkaitan dan keterikatan antar elemen desain. Elemen-elemen tersebut harus saling mendukung satu sama lain untuk menciptakan sebuah pesan yang merupakan isi pokok dari sebuah karya.

Keseimbangan (Balance)

Perpaduan elemen yang ada pada sebuah desain harus seimbang untuk menghindari kesan berat sebelah. Salah satu tujuan dari prinsip ini adalah untuk memberikan porsi kekuatan yang pas pada sebuah elemen. Keseimbangan ini bisa kita dapatkan dengan mengatur warna, ukuran, serta peletakan sebuah elemen.

Irama (Rythm)

Irama/ritme tercipta ketika kita menyusun elemen-elemen desain dengan pola tertentu secara teratur. Irama ini biasanya tercipta ketika ada pengulangan pada elemen-elemen desain.

Kontras (Contrast)

Bisa dikatakan kostras itu bermakna perbedaan yang mencolok, biasanya pada warna. Dengan kontras, sebuah elemen akan terlihat lebih menonjol atau berlawanan dengan elemen lain. Penerapan kontras ini dapat dilakukan pada elemen desain seperti warna, corak, ukuran, ataupun bentuk yang bisa berbeda-beda.

Fokus (Focus)

Setiap desain memiliki bagian/elemen utama yang dianggap penting dan menjadi ide pokok dari karya tersebut. Fokus akan membantu kita untuk menonjolkan elemen utama dan membuat elemen lain mendukung elemen tersebut. Kemudian elemen tersebut akan menjadi point of interest dimana ide pokok karya kita terdapat pada elemen tersebut.

Proporsi (Proportion)

Proporsi sangat berkaitan dengan ukuran. Proporsi bermakna perbandingan ukuran antar elemen atau antar bagian secara keseluruhan. Prinsip ini menekankan pada penentuan ukuran elemen yang akan disusun serta keharmonisannya dengan elemen lain pada sebuah karya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang desain grafis, temen-temen bisa cari tahu lebih jauh di sumber-sumber berikut yang telah kami sediakan:

List artikel: