1. Home
  2. Docs
  3. Kurikulum Desain Grafis
  4. Week 1 – Materials
  5. Day 1 – Adobe Illustrator Intro

Day 1 – Adobe Illustrator Intro

Adobe Illustrator adalah salah satu software desain yang berbasis vektor. Dengan software ini kita bisa membuat berbagai karya desain yang scalable baik untuk keperluan cetak maupun web/digital.

Dengan software ini, kita bisa membuat poster, vector art, ilustrasi, typografi, desain interface, feed instagram dll. Lalu apa bedanya dengan Photoshop?

Salah satu perbedaannya adalah Illustrator berbasis vektor, sementara Photoshop berbasis raster/pixel. Dengan berbasis vektor, kita bisa membuat karya yang dapat diperbesar semaksimal mungkin tanpa harus khawatir terjadi distorsi atau biasa disebut gambar pecah.

Pada Artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang interface, cara membuat dokumen baru, cara transformasi objek seperti moving, scaling, dan rotating, cara panning dan zooming, dll.

New Document

  1. Pilih File > New… atau klik tombol Create Document ketika pertama kali menjalankan Illustrator.
  2. Akan muncul dialog box dimana kita dapat mengatur parameter dokumen yang hendak kita buat. Jika pengaturan sudah cocok dengan keinginan kita, klik Create.
Tampilan Dialog Box New Document

Pada artikel ini saya menggunakan Adobe Illustrator CC 2020.

Navigating Document

Tampilan window tempat bekerja.

Setelah barusan kita membuat dokumen, kita akan masuk kedalam tampilan window tempat kita bekerja. Secara default, tampilannya akan seperti gambar diatas. Terdapat panel toolbar di sebelah kiri, panel properties, layer, dan libraries di sebelah kanan, serta artboard di tengah window yang merupakan area kerja kita.

Navigasi dokumen dapat kita lakukan dengan memilih Hand Tool (H) untuk melakukan panning dan Zoom Tool (Z) untuk melakukan zooming. Kedua tools tersebut dapat kita akses pada toolbar atau dengan menggunakan shortcut “H” untuk panning dan “Z” untuk zooming pada keyboard.

Transforming Object

Move, rotate, dan scale adalah bagian transforming object. Untuk melakukan ketiga hal tersebut, kita harus memilih selection tool (V) terlebih dahulu.

Untuk memindahkan objek (move) kita harus memilih objek yang ingin dipindahkan dengan menekan left mouse button (klik kiri) ketika cursor berada di objek tersebut. Tahan button tersebut sambil memindahkan objek ke posisi yang dinginkan kemudian lepas button tersebut ketika sudah sesuai.

Memutar objek (rotate) bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara mendekatkan cursor ke titik-titik bounding box. Arahkan cursor sedikit keluar dari objek disekitar titik-titik tersebut sampai icon cursor berubah menjadi icon arrow dua arah yang melengkung.

Memperbesar atau memperkecil ukuran sebuah objek (scale) dilakukan dengan mengarahkan cursor tepat pada titik-titik pada bounding box. Scale dapat dilakukan setelah icon cursor berubah menjadi arrow dua arah yang lurus.

Untuk lebih jelasnya kita bisa simak video-video berikut: